Kamis, 26 Juli 2018 06:44 WITA

Danau Air Ditemukan di Mars

Editor: Suriawati
Danau Air Ditemukan di Mars
Danau berada di bawah es dekat kutub selatan Mars

RAKYATKU.COM - Para peneliti telah menemukan bukti adanya badan air di Mars. Itu diyakini sebuah danau, berada di bawah lapisan es kutub selatan planet, dan berjarak sekitar 20 km.

Namun, iklim planet ini telah mendingin karena atmosfernya yang tipis, membuat sebagian besar airnya terkurung dalam es.

Penemuan ini dilakukan menggunakan Marsis, alat radar di atas pengorbit  Mars Express ESA (European Space Agency).

Penelitian sebelumnya menemukan kemungkinan tanda-tanda air mengalir di permukaan Mars, tapi penemuan baru ini luar biasa karena ini adalah tanda pertama adanya badan air di planet merah.

Hasilnya sangat menarik karena para ilmuwan telah lama mencari tanda-tanda air minum di Mars. "Ini mungkin bukan danau yang sangat besar," kata Prof Roberto Orosei dari Institut Nasional Italia untuk Astrofisika, yang memimpin penelitian.

Marsis tidak dapat menentukan seberapa tebal lapisan air itu, tapi tim peneliti memperkirakan bahwa itu adalah minimum satu meter.

"Ini benar-benar memenuhi syarat sebagai badan air. Sebuah danau, bukan semacam air lelehan yang mengisi ruang antara batu dan es, seperti yang terjadi di gletser tertentu di Bumi," tambah Prof Orosei.

Danau Air Ditemukan di MarsMeskipun keberadaan danau ini memberikan prospek yang menggiurkan bagi mereka yang tertarik pada kemungkinan kehidupan masa lalu atau sekarang di Mars, karakteristik danau harus diverifikasi terlebih dahulu oleh penelitian lebih lanjut.

Temuan itu dilaporkan dalam jurnal Science.