Rabu, 25 Juli 2018 18:12 WITA

Mahasiswa Teknik Kembangkan Pod Hyperloop Tercepat Dengan 467km/jam 

Editor: Suriawati
Mahasiswa Teknik Kembangkan Pod Hyperloop Tercepat Dengan 467km/jam 
Hyperloop

RAKYATKU.COM - Mahasiswa teknik dari Munich berhasil mengembangkan pod yang dirancang untuk sistem Hyperloop, dengan kecepatan tertinggi 467km/jam di Kompetisi Pod Hyperloop 2018 yang diselenggarakan oleh SpaceX. Pod ini diuji pada jalur pengujian sepanjang 1,2 km.

Kompetisi ini membawa tim dari universitas di seluruh dunia, ke California. Tim yang memecahkan rekor adalah WARR Hyperloop dari Technical University of Munich, Jerman.

Mereka telah memenangkan tiga kompetisi berturut-turut, tapi di babak terbaru ini berhasil melampaui rekornya sendiri yang sebelumnya hanya 323km/jam.

Dua finalis lainnya termasuk tim dari Delft University, Belanda, yang hanya berhasil mencapai kecepatan 141.6km/jam , dan tim EPF Loop dari Swiss, yang bernasib lebih buruk lagi, mencapai kecepatan tertinggi hanya 88.5km/jam.

Membahas kompetisi, CEO SpaceX Elon Musk mengatakan “ini benar-benar kesempatan pertama untuk menciptakan moda transportasi baru."

Terlepas dari rekor terbaru itu, Musk sebenarnya masih jauh dari kecepatan 1.200 km/jam yang diharapkannya di kertas putih Hyperloop Alpha, yang diterbitkan pada bulan Agustus 2013.

Hyperloop adalah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh Musk. Ini bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi.

Garis besar konsep hyperloop diumumkan pada Agustus 2013, yang mencakup usulan rute dari Los Angeles ke San Fransisco. Menurut konsep, rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 35 menit, yang berarti bahwa penumpang dapat menempuh jarak 560 km dengan rata-rata kecepatan 970 km/jam, dengan kecepatan penuh 1.200 km/jam.

Tags