Rabu, 25 Juli 2018 09:59 WITA

Jangan Gunakan Nama ini di Twitter, Atau Akun Anda Akan Dikunci!

Editor: Suriawati
Jangan Gunakan Nama ini di Twitter, Atau Akun Anda Akan Dikunci!
Elon Musk

RAKYATKU.COM - Twitter menerapkan metode baru untuk memerangi scammer cryptocurrency. Jika seseorang yang memiliki akun tidak terverifikasi mengubah nama tampilan mereka menjadi Elon Musk, maka akunnya akan dikunci.

Untuk membukanya kembali, Twitter akan meminta pengguna itu untuk lulus tes CAPTCHA, serta memberikan nomor telepon.

Pertanyaannya, kenapa harus nama Elon Musk yang dikunci? Itu karena nama CEO SpaceX dan Tesla ini paling banyak digunakan oleh scammer untuk menipu orang di Twitter.

“Sebagai bagian dari upaya kami yang berkelanjutan untuk memerangi spam dan aktivitas jahat pada layanan kami, kami menguji langkah-langkah baru untuk menantang akun yang menggunakan istilah yang umumnya terkait dengan kampanye spam,” kata juru bicara Twitter, dikutip dari The Verge. 

Dalam aksinya, penipu yang meniru profil Twitter Musk bisa masuk ke balasan ke tweet asli Musk, sehingga orang lain bisa terperdaya.

Tweet penipuan itu sering mengambil formulasi yang sama, yaitu pengguna ditawari kesempatan langka untuk masuk ke teknologi blockchain tipe baru, dengan iming-iming cepat kaya. Yang harus mereka lakukan adalah membayar sejumlah uang untuk membeli token dari cryptocurrency baru yang belum pernah mereka dengar. Terkadang, penipuan juga menggunakan metode giveaway mobil Tesla.

Mengingat perkembangan teknologi blockchain dan kenaikan harga Bitcoin tahun lalu, sangat mudah menipu penggemar Elon Musk, dan membuat mereka berpikir bahwa mereka diberi kesempatan untuk menjadi kaya.

Jangan Gunakan Nama ini di Twitter, Atau Akun Anda Akan Dikunci!Twitter mengatakan mereka masih bekerja pada solusi tambahan untuk masalah ini. Pada akhir Juni, Twitter mengumumkan telah mengakuisisi startup cybersecurity yang disebut Smyte yang akan membantu mengatasi tantangan dalam keamanan, dan spam dengan lebih cepat dan efektif.

Tags