Senin, 23 Juli 2018 11:25 WITA

Google akan Bentangkan Kabel Bawah Laut Antara Virginia dan Prancis

Editor: Suriawati
Google akan Bentangkan Kabel Bawah Laut Antara Virginia dan Prancis
Digital Trends

RAKYATKU.COM - Perancis dan Virginia akan segera terhubung dengan kabel bawah laut, untuk memberikan layanan internet yang lebih baik.

Dalam sebuah pernyataan minggu ini, Google mengumumkan bahwa mereka akan membangun kabel bawah laut transatlantik yang akan menjangkau 4.000 mil (6.437 km) laut lepas, dari Virginia Beach ke pantai Atlantik Prancis.

Proyek ini dinamai Dunant dan diharapkan akan selesai dan berfungsi penuh pada tahun 2020. Ini dimaksudkan untuk membantu perluasan Google Cloud.

Selain itu, Google mengatakan bahwa lalu lintas web di Atlantik sekarang sangat sibuk, yang membuat waktu dan penempatan kabel baru ini sangat tepat.

Ini bukan kabel internet pertama yang membentang dari Virginia Beach. Tahun lalu, kabel antara Virginia Beach dan Bilbao, Spanyol juga mulai beroperasi. Proyek itu adalah upaya bersama antara Microsoft, Facebook, dan perusahaan telekomunikasi Telxius.

Kabel bawah air berfungsi sebagai operator utama internet, dan bertanggung jawab untuk sebagian besar lalu lintas digital dunia (90 persen).

Jayne Stowell dari Google mengatakan bahwa kabel bawah laut terbaru Google ini akan menambahkan "kapasitas jaringan di seluruh Atlantik, dan melengkapi salah satu rute tersibuk di internet."

Dunant adalah proyek kabel bawah laut pribadi kedua yang dilakukan Google. Yang pertama bernama Curie, dan nama ketiga (jika dilanjutkan) akan mengikuti skema abjad yang sama, dan dimulai dengan "E."

Google menekankan bahwa semua investasi dalam kabel internet berusaha untuk memenuhi tujuan yang sama, yaitu "membantu orang dan bisnis dapat memanfaatkan semua cloud yang ditawarkan."

"Kami akan terus mencari lebih banyak cara untuk meningkatkan dan memperluas jaringan kami, dan akan berbagi lebih banyak tentang pekerjaan ini dalam beberapa bulan mendatang.”

Tags