Minggu, 22 Juli 2018 10:20 WITA

Lima Misi Baru ke Mars

Editor: Suriawati
Lima Misi Baru ke Mars
NASA

RAKYATKU.COM - Manusia telah terpesona dengan Mars, dan telah melihatnya sebagai planet yang bisa dihuni. Namun untuk membawa manusia dan hidup di sana dengan sukses akan sangat menantang.

Untuk lebih mengetahui tentang Planet Merah, badan antariksa saat ini telah merencanakan lima misi baru ke Mars. Inilah yang akan mereka lakukan:

1. NASA Insight
Peluncuran: 5 Mei 2018
Pendaratan : 26 November 2018

Misi ini sudah setengah jalan, dan akan menempuh perjalanan 485 juta km ke Mars. Sesuai perhitungan, pendaratan akan terjadi pada bulan November.

Namun, tidak seperti Rovers Curiosity and Opportunity yang terkenal, Insight tidak akan bergerak sama sekali. Karena para ahli geologi hanya tahu sedikit tentang interior Mars, InSight akan mengambil suhu Planet Merah, mengukur aktivitas tektoniknya, dan mengungkapkan strukturnya yang lebih dalam.

Lima Misi Baru ke MarsInsight akan mencari satu hal khusus: Marsquakes. Alat-alat ilmiahnya akan mengukur intensitas gelombang yang bergerak melalui batu karang. Para ilmuwan berharap untuk melihat antara 12 dan 100 Marsquake selama misi dua tahun. 

Data seismik yang dikumpulkan akan digunakan untuk mencari tahu bagaimana Mars terbentuk 4,5 miliar tahun lalu.

2. NASA Mars 2020 rover
Peluncuran: Juli / Agustus 2020
Pendaratan: Februari 2021

Misi yang satu ini bertujuan untuk mengumpulkan sampel batuan dan tanah. Yang penting, itu akan dilakukan di suatu daerah yang mungkin telah dihuni di masa lalu.

Misi ini akan menggunakan lengan robot dan bor untuk mempelajari batu, dan mengambil yang benar-benar menarik, minyimpannya dalam kotak dan membawanya kembali ke bumi.

Lima Misi Baru ke MarsMars 2020 rover tidak hanya akan mencari tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu, tapi juga akan mengukur cuaca, angin, radiasi dan debu, dan juga mendemonstrasikan teknologi yang akan membantu manusia begitu kita sampai di sana, seperti untuk menguji oksigen, menghasilkan teknologi dan mencari air bawah tanah.

3. ISRO Mars Orbiter Mission 2 (MOM 2)
Peluncuran: 2021-2022
Pendaratan: 2021-2022

India juga memiliki misi luar angkasa gila. Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO) akan mengirim pengorbit ke Mars pada 2021.

Ini bukan peluncuran pertama India ke Mars. Pada tahun 2014 mereka telah mengirim Mars Orbiter Mission (MOM), juga disebut Mangalyaan yang terus mengirim foto-foto menakjubkan ke kontrol misi Bengaluru ISRO.

Lima Misi Baru ke MarsKarena semua misi Mars yang direncanakan lainnya berkonsentrasi pada permukaan planet dan bawah permukaan, MOM 2 dapat memiliki peran besar untuk mengungkap rahasia tentang atmosfer. MOM 2 akan diluncurkan dari Satish Dhawan Space Center (SDSC) di Andhra Pradesh, India.

4. ESA ExoMars Rover
Peluncuran: 2020
Pendaratan: 2021

ExoMars adalah misi bersama yang terdiri dari Badan Antariksa Eropa (ESA) dan platform yang dibangun oleh badan antariksa Roscosmos Rusia.

Sementara InSight akan menjadi misi pertama untuk mempelajari apa yang ada di bawah permukaan Mars, ExoMars akan menjadi misi pertama untuk benar-benar menelusuri dan mendapatkan sampel.

Lima Misi Baru ke MarsIni akan menggunakan bor dua meter untuk membuat lubang bor, mempelajari mineralogi di sana, dan mengambil beberapa sampel untuk dipelajari di laboratorium kimia onboard. Apa yang dicari? Molekul organik, tentu saja - bukti kehidupan yang terkubur.

5. Mars Sample Return (MSR)
Peluncuran: Akhir 2020-an
Pendaratan: Akhir 2020-an

NASA sangat ingin mendapatkan batu pertama Martian untuk pertama kalinya, sehingga dapat melakukan analisis kimia dan fisik secara rinci sebelum mengirim astronot ke Planet Merah.

Lima Misi Baru ke MarsIni adalah hal yang penting - membawa kembali sampel dari planet lain adalah apa yang telah lama diimpikan oleh para ilmuwan planet.

Namun, itu tidak sederhana. Setelah beberapa sampel diambil, mereka harus dihancurkan dari permukaan - sesuatu yang tidak pernah dicoba sebelumnya.