Sabtu, 21 Juli 2018 11:51 WITA

Facebook Akan Luncurkan Satelit Internet pada 2019

Editor: Suriawati
Facebook Akan Luncurkan Satelit Internet pada 2019
KONSTANTIN SHAKLEIN / ALAMY

RAKYATKU.COM - Facebook secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan satelit eksperimental yang dapat memancarkan internet ke Bumi menggunakan sinyal gelombang radio milimeter. CNET melaporkan bahwa proyek itu dijuluki Athena.

"Meskipun kami tidak memiliki apa pun untuk dibagikan mengenai proyek-proyek khusus saat ini, kami percaya teknologi satelit akan menjadi pendukung penting dari infrastruktur broadband generasi mendatang, sehingga memungkinkan untuk membawa konektivitas broadband ke daerah pedesaan di mana konektivitas internet kurang atau tidak ada," kata juru bicara Facebook kepada CNET dan Wired.

Menurut laporan Wired, Facebook berencana untuk meluncurkan satelit Athena pada awal 2019.

Athena mungkin bukan satu-satunya yang akan menyediakan internet melalui satelit. Perusahaan ini bergabung dengan SpaceX milik Elon Musk dan OneWeb yang didukung Softbank yang mengerjakan proyek-proyek serupa.

Bahkan, SpaceX telah meluncurkan dua satelit Starlink-nya pada bulan Februari lalu.

Sebelumnya, Facebook memiliki rencana ambisius untuk memancarkan internet dari drone di ketinggian, tapi memutuskan untuk menghentikan operasi drone Aquila-nya pada bulan Juni.