Senin, 16 Juli 2018 14:42 WITA

Twitter Hapus Akun Palsu, Katy Perry Kehilangan 2,8 Juta Follower

Editor: Suriawati
Twitter Hapus Akun Palsu, Katy Perry Kehilangan 2,8 Juta Follower
Katy Perry

RAKYATKU.COM - Setelah laporan intelijen AS bahwa Rusia menggunakan akun palsu untuk ikut campur dalam pemilu AS 2016, Twitter mulai menindaki akun mencurigakan. Akun dianggap mencurigakan jika memiliki aktivitas besar namun berbulan-bulan sebelumnya sepi.

Namun hal ini berdampak pada jumlah follower sejumlah selebriti dan tokoh dunia. Bintang pop dan juri American Idol, Katy Perry misalnya. Ia mengalami penurunan jumlah follower yang sangat signifikan, yaitu 2,8 juta followe pada hari Kamis.

Karena Katy Perry memiliki follower paling banyak di Twitter, yaitu 107 juta, maka 2,8 juta pengikut yang hilang dari akunnya hanya mewakili 2,6% dari keseluruhan.

Pembersihan ini juga mempengaruhi jumlah pengikut Presiden Donald Trump, yang kehilangan 300.000 follower.

Secara persentase, akun yang paling terpengaruh di antara 100 teratas adalah akun @Twitter milik perusahaan itu sendiri. Sebanyak 12,4% pengikutnya menghilang dalam semalam. Akun ini masih memiliki 55 juta pengikut.

Di antara akun terkemuka dan terverifikasi yang nyaris tidak terpengaruh oleh penangguhan adalah eksekutif teknologi Elon Musk. Ia hanya kehilangan 0,3% pengikut, atau 71.000 akun. Itu membuatnya memiliki 22,2 juta follower.

Twitter mengatakan bahwa penurunan rata-rata pengikut di antara 100 teratas adalah 734.000 akun.  Sementara jumlah rata-rata pengikut yang hilang dari semua pelanggan Twitter adalah empat.