Rabu, 11 Juli 2018 16:35 WITA

Mantan Insinyur Apple Curi Data Rahasia untuk Perusahaan China

Editor: Suriawati
Mantan Insinyur Apple Curi Data Rahasia untuk Perusahaan China
INT

RAKYATKU.COM - Mantan insinyur Apple ditangkap atas tuduhan mencuri rahasia mobil self-driving untuk startup China. Xiaolang Zhang dituduh telah mengunduh file yang berisi informasi penting Apple sebelum resign pada bulan April dan mulai bekerja untuk Xiaopeng Motors yang berbasis di Guangzhou.

Berdasarkan pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di San Jose, California pada hari Senin, seorang insinyur perangkat keras untuk tim pengembangan kendaraan otonom Apple mengatakan bahwa Zhang telah diberikan akses ke basis data rahasia perusahaan.

Dikatakan bahwa Apple mulai curiga setelah dia mengambil cuti dan memberi tahu perusahaan bahwa dia akan pindah kembali ke China untuk bekerja di Xmotors. Apple semakin curiga setelah melihat peningkatan aktivitas jaringan dan kunjungan ke kantor sebelum dia mengundurkan diri.

Zhang mengaku pada Biro Investigasi Federal bahwa dia mengunduh file teknologi driverless Apple ke laptop istrinya agar bisa terus mengaksesnya. Dia ditangkap pada 7 Juli setelah melewati pos pemeriksaan keamanan di Bandara Internasional San Jose ketika hendak terbang ke China.

"Apple sangat memperhatikan kerahasiaan dan perlindungan kekayaan intelektual kami," kata juru bicara perusahaan Tom Neumayr dalam email, dikutip dari Bloomberg. "Kami bekerja dengan pihak berwenang mengenai masalah ini dan akan melakukan segala kemungkinan untuk memastikan individu ini dan setiap individu lain yang terlibat bertanggung jawab atas tindakan mereka."

Proyek mobil self-driving adalah inisiatif langka Apple. Pada tahun 2015, para eksekutif Apple menyetujui rencana untuk membangun kendaraan listrik yang dapat mengemudi sendiri untuk menghadapi Tesla Inc. dan industri otomotif Detroit. Apple mempekerjakan lebih dari 1.000 insinyur.

Namun, sekitar dua tahun yang lalu, Apple mengubah rencananya untuk membangun kendaraan fisik dan beralih ke perangkat lunak dan teknologi self-driving. Sekarang, belasan kendaraan telah menggunakan teknologi Apple.