Rabu, 11 Juli 2018 00:30 WITA

Inilah Wanita yang Pertama Kali Akan Injakkan Kaki di Mars

Editor: Fathul Khair Akmal
Inilah Wanita yang Pertama Kali Akan Injakkan Kaki di Mars
Alyssa Carson dalam balutan seragam NASA. Foto: Instagram / nasablueberry

RAKYATKU.COM - Seorang gadis asal Amerika Serikat, Alyssa Carson, adalah seorang wanita yang akan pertama kali menginjakkan kaki di planet Mars. Badan antariksa Amerika Serikat, NASA yang membuka jalan bagi gadis berusia 17 tahun itu, untuk menjadi seorang astronot. 

Lembaga ini, sebenarnya tidak bisa digunakan untuk menjadi angkasawan sebelum orang cakera menginjak usia 18 tahun. Satu rencana dari NASA yang dikabarkan akan mengikutsertakan Alyssa di dalamnya adalah misi pengiriman astronot ke orbit Planet Merah pada 2033. 
Kemudian, pada 2039, mereka akan mengirim angkasawan ke permukaan Mars. Misi ini meliputi budi daya makanan, eksperimen sains, dan mencari tanda-tanda kehidupan.

Alyssa akan menjadi bagian dari misi ini, bersama dengan badan antariksa AS. Salah satunya dengan menjadi orang pertama yang mengunjungi NASA Space Camp saat usianya masih 12 tahun. Ketiga tempat itu sendiri di Amerika Serikat, Kanada, dan Turki, dikutip dari detik.com. 

Selain itu, ia juga menjadi orang yang mampu menangani Program Paspor NASA dengan seluruh 14 Pusat Pengunjung NASA, dengan semuanya berada di Negeri Paman Sam. Lalu, berbagai latihan pun dijalaninya agar bisa menjadi astronot yang memenuhi standar NASA. 

Dalam program latihannya, ia banyak belajar mengenai mikrogravitasi dan efek pada tubuh saat kehilangan oksigen. Alyssa juga ikut serta dalam berbagai misi, mulai dari membangun roket, robot, hingga mengarahkan tim yang tergabung dalam pelatihan tersebut.

Di samping berbagai kegiatan dan latihan dengan NASA, Alyssa juga masih harus belajar seperti anak SMA kebanyakan. Hal ini yang diakuinya cukup menantang untuk itu. 

"Tantangan terbesar adalah mengatur waktu dan menyelesaikan segala sesuatu yang diperlukan, apalagi di masa ini saya masih bisa hadir ke sekolah. Tapi sampai saat ini saya lakukan dengan baik," ujarnya.