Senin, 09 Juli 2018 15:32 WITA

5 Tren Smartphone Mencolok Selama Tahun 2018

Editor: Suriawati
5 Tren Smartphone Mencolok Selama Tahun 2018
INT

RAKYATU.COM - Beberapa tahun yang lalu, kita semua masih menggunakan feature phone, yang fungsi utamanya hanya melakukan panggilan dan mengirim pesan.

Tapi sekarang, telepon berubah semakin pintar dan bisa melakukan banyak hal. Tren ini pertama kali dicetuskan Apple, dengan memperkenalkan layar sentuh pada ponsel.

Tapi, Android lah yang membawanya lebih jauh dan lebih terjangkau. Dan hingga saat ini, kita melihat inovasi yang luar biasa, seperti kamera ganda, jumlah mega piksel lebih tinggi, desain panel tipis, sensor sidik jari, pengenalan wajah, dan banyak lagi. Untuk tahun ini saja, kita melihat banyak trend baru.

1. Pengisian daya nirkabel
Yah, untuk saat ini teknologi pengisian nirkabel memang tidak benar-benar nirkabel, karena ponsel masih harus bersentuhan langsung dengan pad pengisian daya.

Untungnya, perusahaan Amerika Energous sedang bekerja pada solusi pengisian yang benar-benar nirkabel disebut WattUp. Teknologi ini menggunakan frekuensi radio untuk mengirim energi ke gadget yang kompatibel. Perangkat penerima harus berada dalam jarak maksimal 4 meter untuk mengambil frekuensi ini dan mengubahnya menjadi daya baterai.

2. Multiple kamera
Lupakan kamera ganda! Huawei telah memperkenalkan ponsel dengan tiga sensor. Dan itu baru permulaan. Sebuah perusahaan yang berbasis di California, Light, sedang mengerjakan prototipe smartphone dengan bukan dua atau tiga, tetapi sembilan kamera. 

3. Layar Holographic
Hydrogen One adalah smartphone canggih milik RED. Perusahaan ini dikenal dengan kamera sinematiknya yang digunakan dalam memproduksi film blockbuster dan acara TV seperti Game of Thrones. Belum ada banyak rincian tentang smartphone pertamanya, tapi orang-orang sudah melakukan pre-order seharga $1.295.

Tapi, selain mengunggulkan kamera, fitur top di ponsel ini adalah tampilan Holographic-nya. Untuk mengembangkan tampilan ini, RED telah berkolaborasi dengan Leia Inc.

4. Layar penuh
Oppo Find X mengambil langkah mengesankan untuk mencapai tampilan layar penuh yang sesungguhnya. Alih-alih menggunakan notch di layar untuk mengakomodasi kamera selfie dan sensor, perusahaan China ini justru menciptakan mekanisme slide-out. 

5. Augmented reality
Dua tahun lalu, Pokemon Go telah membuktikan bahwa implementasi AR dapat menarik banyak orang. Terlepas dari game, teknologi ini kemungkinan akan diadopsi untuk navigasi peta yang lebih baik, penelusuran interaktif, dan tutorial.