Kamis, 05 Juli 2018 18:02 WITA

Sensor Sidik Jari ini bisa Deteksi Anda Manusia atau Bukan

Editor: Suriawati
Sensor Sidik Jari ini bisa Deteksi Anda Manusia atau Bukan
Foto: Phone Arena

RAKYATKU.COM - Karena upaya untuk membuat smartphone bezel tipis dan desain yang elegan terus berlanjut, teknologi baru diperlukan untuk menjaga fungsi smartphone. Dan, salah satu inovasi yang paling banyak dibicarakan tahun ini adalah sensor sidik jari di bawah layar. 

Terkait dengan teknolgi yang satu ini, para ilmuwan di Ulsan National Insitute of Science and Technology di Korea Selatan kemarin menerbitkan sebuah makalah. Itu menjelaskan cara kerja sensor sidik jari transparan dan fleksibel yang mereka ciptakan, yang mampu mendeteksi indra peraba dan suhu kulit.

Cara para peneliti mencapai transparansi yang diinginkan adalah menggunakan nanofibers dan nanowires yang membentuk elektroda yang diperlukan untuk mengukur jumlah kecil arus listrik yang dihasilkan jari Anda. Lebar kabel ini sangat kecil, membuatnya praktis dan tidak terlihat oleh mata telanjang.

Ini menawarkan tingkat keamanan tambahan, berkat sensor suhu, yang bisa mendeteksi apakah yang menyentuhnya jari manusia bukan. Ambang batas suhu ditetapkan pada minimal 30°C dan maksimal 45°C.

Secara potensial, teknologi ini akan memungkinkan produsen untuk memperluas sensor ini untuk menutupi sebagian besar layar smartphone, sehingga pengguna dapat membuka kunci perangkat hanya dengan memegangnya.

Makalah penelitian tersebut menyatakan bahwa ketepatan sensor bahkan cukup untuk memenuhi standar FBI untuk ekstraksi sidik jari.

Tapi, seperti semua hal keren yang kita baca dalam makalah penelitian, butuh waktu beberapa saat bagi kita untuk melihatnya dalam bentuk nyata.

Tags