Kamis, 05 Juli 2018 09:28 WITA

Indosat Akan Hadirkan Chatbot

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Indosat Akan Hadirkan Chatbot
Sumber foto; Kontan.

RAKYATKU.COM - Perusahaan telekomunikasi Indosat, kini juga melirik teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan. 

Bahkan, Indosat telah membentuk satu organisasi khusus untuk Information Communication and Technology (ICT) solution sebagai wujud pengembangan dari yang sebelumnya hanya IoT (Internet of Things).
 
“Salah satu use case ICT adalah big data dan artificial intelligence. Chatbot adalah salah satu bagian dari artificial intelligence termasuk NLP (Natural Language Processing) nah itu sudah masuk dalam road map Indosat,” kata Hendra Sumiarsa, Head of Bussines Development-IoT & Smart City, yang dikutip dari Kontan, Kamis (5/7/2018).

Dalam menghadirkan Chatbot ini, Indosat menggandeng mitra baik yang berasal dari lokal dan luar. 

“Kerjasama kita kemitraan dengan lokal dan luar. Bukan kerjasama tiga pihak ya tapi,” katanya.

Loading...

Hendra menjelaskan, keterlibatan mitra lokal dapat membantu dari segi linguistik pada teknologi chatbotnya, agar lebih tepat penyampaiannya. 

"Tapi secara API (Application Programming Interface) kami masih mengandalkan dari luar, meskipun mereka sebenarnya hanya menyediakan platform saja,” tuturnya.

Loading...
Loading...