Jumat, 29 Juni 2018 05:00 WITA

Microsoft Perbarui Teknologi Pengenal Wajah, yang Berkulit Gelap Jangan Khawatir

Editor: Nur Hidayat Said
Microsoft Perbarui Teknologi Pengenal Wajah, yang Berkulit Gelap Jangan Khawatir

RAKYATKU.COM - Microsoft memperbarui teknologi face recognition-nya. Pembaruan ini diklaim membantu kecerdasan buatan (artificial intelligent) Microsoft mengenali wajah dengan warna kulit beragam lebih baik.

Microsoft mengungkapkan tingkat kesalahan kecerdasan buatannya dalam mengenali wajah berkulit gelap akan menurun hingga 20 kali lipat. Di samping itu, tingkat kesalahan dalam mengenali wajah perempuan juga diklaim menurun hingga sembilan kali lipat.

Dilansir The Verge, pada Februari lalu MIT's Media Lab merilis sebuah laporan yang menyatakan teknologi face recognition milik Microsoft, IBM, dan Megvii salah mengenali wajah perempuan berkulit gelap hingga mencapai 35 persen. Sedangkan, 99 persen wajah laki-laki berkulit terang berhasil dikenali dengan baik oleh sistem-sistem tersebut.

Menurut Microsoft, hal ini menunjukkan teknologi kecerdasan buatan hanya akan berfungsi berdasarkan data yang digunakan untuk melatih kemampuan mereka.

Tim yang bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi face recognition di Microsoft bekerja sama dengan para ahli untuk membuat suatu sistem yang dinamakan Gender Classifier. 

Sistem ini diharapkan akan memaksimalkan kinerja face recognition terhadap semua warna kulit. "Kami membahas bagaimana mengumpulkan lebih banyak koleksi data untuk melatih kecerdasan buatan. Kami juga membahas tentang strategi pengujian sistem secara internal sebelum menyebarluaskan sistem tersebut," ujar seorang peneliti senior di laboratorium penelitian Microsoft di New York, Hanna Wallach.