Rabu, 27 Juni 2018 14:41 WITA

Hebat! Smartphone ini Bisa Jalankan 4 OS Sekaligus

Editor: Suriawati
Hebat! Smartphone ini Bisa Jalankan 4 OS Sekaligus
INT

RAKYATKU.COM - Dominasi smartphone Android dan iOS membuat platform Windows 10 Mobile gagal menarik minat para pengembang maupun konsumen.

Tapi mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Windows memiliki keunggulan dalam hal perangkat keras. Ini sangat unggul dalam melakukan tugas-tugas kompleks dengan mudah.

Contohnya, seorang pengembang berhasil menginstal dan menjalankan empat sistem operasi secara bersamaan pada perangkat Windows Phone miliknya. Dan yang lebih hebat adalah, tiga di antaranya merupakan sistem operasi kelas desktop.

Gustave M. telah mengunggah video yang memperlihatkan perangkat Windows Phone menjalankan empat sistem operasi utama, yaitu Windows 8, Windows 10, Windows 10 IoT Core, dan Windows 10 Mobile.

Video menunjukkan pengembang beralih di antara empat sistem operasi dan melakukan tugas-tugas dasar di masing-masing sistem operasi. Menariknya, tak satu pun dari mereka tampaknya "kehabisan napas." 

Namun, menjalankan sistem operasi kelas desktop pada perangkat seluler tidak menjamin produktivitas. Meskipun perangkat keras masih mampu menghosting tugas berat OS, Windows 10 masih dalam kondisi terbaik jika digunakan di komputer, dan dijalankan dengan keyboard dan mouse.

Windows 10 Mobile saat ini dalam mode pemeliharaan, dan Microsoft telah menetapkan untuk membuangnya sepenuhnya pada 2019. Peluncuran besar terakhir untuk platform ini dilakukan pada tahun 2015 dengan smartphone unggulan Lumia 950.