Minggu, 24 Juni 2018 08:52 WITA

Komputer Terkecil di Dunia Jauh Lebih Kecil dari Sebutir Beras

Editor: Suriawati
Komputer Terkecil di Dunia Jauh Lebih Kecil dari Sebutir Beras
Foto: University of Michigan

RAKYATKU.COM - Ilmuwan dari University of Michigan telah menciptakan komputer terkecil di dunia, berukuran 0,33 mm di setiap sisi. Ini sangat kecil sehingga satu butir beras tampak sangat besar jika keduanya disandingkan.

Saat ini, komputer kecil tersebut berfungsi sebagai sensor suhu. Ini memiliki kemampuan untuk mengukur perubahan suhu di daerah yang sangat kecil, seperti sel dalam tumor, dengan tingkat kesalahan sekitar 0,1 derajat Celcius. 

Para ilmuwan telah menduga bahwa tumor sedikit lebih panas daripada jaringan yang sehat, tapi sulit untuk memverifikasi ini sampai sekarang. Perangkat sangat kecil bisa memeriksa klaim ini dan, jika terbukti benar, bisa mengukur efektivitas perawatan kanker.

"Karena sensor suhu kecil dan biokompatibel, kita dapat menanamkannya ke dalam tikus dan sel kanker tumbuh di sekitarnya," kata Gary Luker, seorang profesor radiologi dan teknik biomedis. "Kami menggunakan sensor suhu ini untuk menyelidiki variasi suhu dalam tumor dibandingkan jaringan normal dan kita dapat menggunakan perubahan suhu untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan terapi." 

Tim juga membayangkan ini membantu mendiagnosis glaukoma dari dalam mata, memantau proses biokimia dan bahkan mempelajari siput kecil.

Lalu mengapa perangkat ini disebut komputer? Itu karena ini seperti komputer biasa, memiliki memiliki prosesor penuh (berdasarkan desain ARM Cortex-M0 +).

Digital Trends melaporkan bahwa komputer baru tim ini menggunakan fotovoltaik, metode mengubah cahaya menjadi listrik. Ini juga terdiri dari prosesor, memori sistem, dan pemancar dan penerima nirkabel yang mengirim dan menerima data melalui cahaya. Ini juga menerima semua transmisi data. 

Tags