Kamis, 21 Juni 2018 14:59 WITA

Saingi YouTube, Instagram Rilis IGTV

Editor: Suriawati
Saingi YouTube, Instagram Rilis IGTV
Peluncuran IGTV

RAKYATKU.COM - Instagram telah meluncurkan aplikasi video baru yang berdiri sendiri disebut IGTV. Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan Anda menonton video vertikal berdurasi panjang. 

Saat Anda masuk ke IGTV, itu akan segera mulai memutar video vertikal dari orang yang Anda ikuti. Anda juga akan melihat rekomendasi dari tempat lain di Instagram.

IGTV dirancang untuk memutar video secara otomatis, sama seperti TV. Anda tidak perlu mencari untuk mulai menonton konten. Anda akan melihat video dari orang-orang yang sudah Anda ikuti di Instagram dan orang lain yang mungkin Anda sukai berdasarkan minat Anda.

Jika Anda tidak mau menginstal aplikasi IGTV, Anda dapat menonton IGTV dari aplikasi Instagram utama untuk iOS atau Android. Buka saja aplikasi dan ketuk ikon TV di sudut feed.

Video IGTV secara otomatis juga akan terputar dari satu orang ke yang lain. Tapi Anda masih dapat menggesek ke kanan atau ke kiri untuk melewati antara video. Anda juga dapat mengetuk dan menahan untuk menjeda video.

Seperti yang Anda bisa di Instagram, IGTV memungkinkan Anda menyukai, mengomentari, dan mengirim video ke teman melalui Instagram Direct messaging.

Jika Anda ingin memposting video menggunakan aplikasi seluler IGTV, video harus dalam format file MP4, hingga ukuran 650 MB, dan antara 15 detik dan 10 menit. Namun, akun yang lebih besar dan akun terverifikasi dapat mengunggah video hingga berukuran 5,4 GB dan panjangnya 60 menit dari komputer. Video juga harus vertikal (bukan lanskap) dengan rasio aspek minimum 4: 5 dan maksimum 9:16.

Anda perlu membuat saluran IGTV agar orang dapat dengan mudah menemukan dan menonton video yang Anda unggah ke IGTV.

Instagram mengatakan kepada media bahwa aplikasi IGTV baru dirancang untuk mempermudah menemukan dan menonton video di ponsel. Dengan aplikasi baru ini, Instagram berpeluang untuk menyaingi YouTube.