Senin, 18 Juni 2018 20:13 WITA

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,33% Selama Lebaran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,33% Selama Lebaran

RAKYATKU.COM - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 petabyte, meningkat 22,3% dibandingkan trafik layanan data pada hari normal.  

Angka ini juga meningkat dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik ini melesat sekitar 109%.

Wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur,  Bali dan Nusa Tenggara mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi, hingga 40,5% dibandingkan hari normal. Begitu pula secara volume, trafik layanan data yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut merupakan yang tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 petabyte.

Saat musim Lebaran, media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel yakni 33,7%, menyusul video streaming 31,3% dan layanan pesan instan 14,1%. 

Khusus video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkat. Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2%, diikuti Instagram (19,3%) dan Facebook (13,3%). 

"Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman," ungkap Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, yang dikutip dari Kontan, Senin (18/6/2018).

Sementara di layanan legacy, trafik suara di jaringan Telkomsel pada momentum Lebaran tahun ini menurun 9,8% dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1% ketimbang hari normal.

Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 772 titik strategis, yang terdiri dari 295 titik jalur mudik dan 477 titik lokasi wisata.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel antara lain membangun 12.000 BTS multiband LTE, penambahan kapasitas pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps, menambah kapasitas sistem teknologi informasi untuk layanan dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.