Senin, 11 Juni 2018 15:43 WITA

Keren! Program AI ini Bisa Ubah Foto Jadi Anime cantik 

Editor: Suriawati
Keren! Program AI ini Bisa Ubah Foto Jadi Anime cantik 

RAKYATKU.COM - Ada banyak aplikasi atau program pengedit foto yang bisa mengubah foto kita menjadi sketsa atau animasi. Tapi sejauh ini hasilnya masih kurang memuaskan, bukan?

Namun, Yanghua Jin, seorang sarjana dari Universitas Fudan China berhasil menciptakan program yang dapat mengubah foto-foto orang nyata menjadi gaya anime yang cantik.

Dia menggunakan metode Deep Learning dan memperkenalkan konsep Generative Adversarial Networks (GAN), dalam meningkatkan adaptasi foto.

Secara sederhana, GAN menggunakan dua jaringan, yaitu generator dan diskriminator. Generator difokuskan pada pembuatan gambar anime dari foto dengan menggunakan atribut yang diambil dari gambar anime.

Generator mempelajari sejumlah atribut gambar, seperti warna rambut atau mata, apakah rambut panjang atau pendek, dan apakah mulut dibuka atau ditutup. Itu juga mengenali noise seperti proporsi ukuran mata ke seluruh wajah, atau angle foto. Setelah melakukan ini, ia menghasilkan versi anime dari foto.

Selanjutnya, diskriminator kemudian membandingkan gambar yang dihasilkan generator terhadap pustaka gambarnya untuk menentukan apakah gambar itu sintetis atau gambar asli. Kedua jaringan belajar dari kesalahan mereka, generator secara bertahap menjadi lebih baik dalam menghasilkan gambar, sementara diskriminator menjadi lebih baik dalam menilai apakah gambar berhasil atau tidak.

Jin menjelaskan bahwa CycleGAN, suatu bentuk perangkat lunak GAN, sering berhasil digunakan untuk menerapkan tekstur yang berbeda ke gambar atau rekaman, dan digunakan oleh perusahaan yang ingin memvisualisasikan hal-hal seperti perubahan dekorasi interior.