Rabu, 13 Juni 2018 18:21 WITA

Jelajahi Ilmu Agama Dengan Bantuan Aplikasi Islami Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jelajahi Ilmu Agama Dengan Bantuan Aplikasi Islami Ini

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Di bulan Ramadan ini adalah momentum untuk menyegarkan kembali iman dan ibadah kita agar menjadi pribadi yang lebih fitrah. 

Tapi, patut diingat yang menarik dari Islam tidak hanya ajarannya, melainkan juga sejarah Islam yang panjang dan menarik disimak.

Sejarah Islam yang panjang mengenalkan kita pada berbagai kisah serta tokoh berpengaruh yang aktif di berbagai bidang, mulai dari bidang agama sampai berbagai cabang pengetahuan, baik itu matematika, etika, sastra, sejarah, sampai filsafat.

Nah, bila kamu tidak mau repot-repot ke toko buku, ternyata ada banyak aplikasi Islami yang menyuguhkan informasi berguna mengenai bidang ini.

Aplikasi-aplikasi ini bukan hanya cocok bagi pecinta sejarah, tetapi bisa jadi rujukan bagi orang tua dalam mengajari anak-anaknya tentang sejarah Islam.

1. Sejarah Islam Indonesia
Yang pertama adalah aplikasi Sejarah Islam Indonesia. Konten aplikasi ini sangatlah sederhana, tapi cocok dipakai untuk menyegarkan pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai masuknya Islam di Nusantara.

Di aplikasi ini terdapat kumpulan bacaan ringkas mengenai proses munculnya Islam di negara ini, lengkap dengan semua teori-teori yang didukung para ahli sejarah.

Ada juga bagian mengenai perkembangan Islam di Indonesia. Pada bagian ini, dapat ditemukan perkembangan Islam tidak dilakukan dengan cara-cara cerdas dan inspiratif, seperti perdagangan, tasawuf, dan seni budaya.

Tidak ketinggalan, ada juga sejarah mengenai kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia yang pastinya menarik bagi para pecinta sejarah kerajaan.

2. Ensiklopedia Tokoh Muslim
Pada abad pertengahan, banyak sekali cendekiawan yang beragama Islam. Para ilmuwan tersebut tidak hanya terkenal di negerinya, tetapi juga sejajar dengan para cendekiawan dari Barat, pertukaran ilmu pun sering terjadi di antara mereka.

Aplikasi ini hadir dengan informasi mengenai tokoh-tokoh Islam yang memiliki sumbangsih di dunia keilmuan, mulai dari Al-Farabi yang sudah dikenal luas di bidang matematika, lalu Ibnu Majid seorang ahli geografi yang membantu pelayaran Vasco de Gama.

Terdapat pula profil tokoh Islam yang mungkin belum dikenal luas seperti Al-Masudi yang dikenal di dunia Barat lewat tulisan sejarahnya dan Az-Zahrawi, ahli bedah kelahiran Spanyol.

Di samping para ilmuan Islam, di aplikasi ini juga ada informasi mengenai tokoh-tokoh Islam modern dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia seperti Achmad Baiquni, Ahmad Shiddiq, serta nama tokoh yang aktif di politik seperti Soekarno, Anwar Sadat, dan Anwar Ibrahim.

3. Islamic History in Arabia & Middle East
Sesuai namanya, aplikasi yang ini khusus membahas perkembangan Islam di Arab dan Timur Tengah.

Aplikasi ini juga memakai Bahasa Inggris. Nah, bagi kamu yang ingin menambah kosakata Bahasa Inggris sambil belajar Islam, aplikasi ini bisa dicoba.

Islamic History in Arabia & Middle East menyajikan sejarah Islam sejak turunnya wahyu, hijrahnya Rasulullah SAW, lalu lanjut sampai kepemipinan empat khalifah.

Turut dibahas juga dinasti-dinasti Islam dari zaman Umayyah menuju Usmaniyah, kisah zaman keemasan Islam, kedatangan invasi Mongol, Perang Salib, sampai tentang isu Palestina dan Israel.

Itulah tiga aplikasi bagi kamu yang tertarik mendalami sejarah dan tokoh Islam. Informasi yang didapatkan juga tak hanya akan berguna di bulan Ramadan, tapi juga menambah pemahaman kita tentang dunia.

Jangan lupa, dalam Islam diajarkan Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.

Tags