Senin, 11 Juni 2018 08:00 WITA

Ini Superkomputer Terkuat di Dunia Milik Amerika Serikat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Superkomputer Terkuat di Dunia Milik Amerika Serikat

RAKYATKU.COM - Departemen Energi menarik kembali tirai di superkomputer terkuat di dunia pada hari Jumat. Ketika Summit beroperasi pada kapasitas maksimal, ia dapat dijalankan pada 200 petaflops - itu adalah 200 quadrillion kalkulasi per detik. Yang merokok pemegang rekor sebelumnya, China Sunway TaihuLight (yang memiliki kapasitas 93 petaflop). 

KTT juga sekitar tujuh kali lebih cepat dari Titan, pemegang rekor AS sebelumnya yang ditempatkan di Oak Ridge National Lab yang sama di Tennessee. Untuk perspektif, dalam satu jam, KTT dapat memecahkan masalah yang akan membutuhkan komputer desktop 30 tahun untuk retak.

4.608 server Summit, yang mengambil ukuran dua lapangan tenis, menaungi lebih dari 9.000 IBM Power9 prosesor 22-core dan lebih dari 27.000 GPU NVIDIA Tesla V100. Pendinginan sistem membutuhkan 4.000 galon air semenit dan KTT menggunakan daya yang cukup untuk menjalankan 8.100 rumah.

Ada lebih banyak lagi KTT daripada sekadar merebut kembali rekor yang dipegang China selama lima tahun. Ini dirancang untuk operasi kecerdasan buatan, dan dapat menggunakan pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam untuk penelitian tenaga ke dalam pemodelan kesehatan, fisika dan iklim , di antara domain lainnya.

Para ilmuwan telah menggunakan KTT untuk menjalankan apa yang mereka katakan adalah perhitungan ilmiah pertama yang luar biasa . Itu satu miliar miliar kalkulasi per detik (atau satu exaop). KTT hampir dua kali lipat, karena berlari pada 1,88 exaops untuk menganalisis jutaan genom; superkomputer dapat mencapai 3,3 exaops menggunakan perhitungan presisi campuran. AS bertujuan untuk membangun ekosistem komputasi eksternal yang mampu sepenuhnya untuk penelitian pada 2021, dan KTT adalah langkah ke arah itu.

Proyek yang akan datang termasuk menganalisis bintang meledak (atau supernova) untuk mencari tahu bagaimana elemen seperti emas bergerak di alam semesta, dan menjalankan simulasi pada jenis material baru seperti superkonduktor. Para ilmuwan juga berencana untuk mencari hubungan antara faktor-faktor kanker seperti gen, penanda biologis dan lingkungan dengan mengunyah rim yang luas dari data kesehatan. 

Para peneliti akan menggunakan kekuatan KTT untuk menyelidiki penanda penyakit lain, seperti untuk Alzheimer, penyakit jantung dan kecanduan. "KTT memungkinkan berbagai bidang ilmu baru yang tidak mungkin dilakukan sebelum itu tiba," kata ahli biologi komputasi dari Oak Ridge, Dan Jacobson dalam sebuah rilis .

Ada pertempuran antara tidak hanya AS dan China , tetapi Eropa , Jepang dan negara-negara lain untuk membangun superkomputer yang lebih baik. Mesin-mesin tidak hanya berfokus pada penelitian kesehatan dan lingkungan; superkomputer digunakan untuk desain pesawat dan mengembangkan senjata nuklir juga, jadi ada banyak hal yang dipertaruhkan.