Minggu, 10 Juni 2018 15:52 WITA

Perkenalkan Norman, AI Psikopat Pertama di Dunia

Editor: Suriawati
Perkenalkan Norman, AI Psikopat Pertama di Dunia
Foto: MIT

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah melatih algoritma kecerdasan buatan (AI) untuk menjadi psikopat. AI tersebut dinamai Norman, diambil dari nama karakter dalam film klasik 1960, Psycho, yang diperankan oleh Anthony Perkins.

Untuk membuatnya memiliki pemikiran psikopat, AI tersebut dilatih dengan diperlihatkan gambar-gambar mengerikan dan kasar di jejaring sosial populer Reddit.

Norman kemudian dilatih untuk melakukan captioning gambar, metode pembelajaran mendalam yang populer untuk menghasilkan deskripsi tekstual dari sebuah gambar.

Peneliti kemudian menggunakan inkblots Rorsach untuk membandingkan Norman dengan AI lain yang tidak terkena gambar mengerikan yang sama. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa setelah terpapar pada sudut paling gelap dari Reddit, Norman tidak memiliki logika empati, yang pada dasarnya mengubah AI menjadi psikopat.

"Norman lahir dari fakta bahwa data yang digunakan untuk mengajarkan algoritma mesin pembelajaran dapat secara signifikan mempengaruhi perilakunya," tulis para ilmuwan MIT.

“Jadi ketika orang-orang berbicara tentang algoritma AI yang bias dan tidak adil, pelakunya sering bukan algoritma itu sendiri, tetapi data yang bias yang diumpankan padanya. Metode yang sama dapat melihat hal-hal yang sangat berbeda dalam gambar, bahkan hal-hal yang sakit, jika dilatih pada kumpulan data yang salah (atau, tepat!).

"Norman menderita paparan sudut tergelap Reddit, dan mewakili studi kasus tentang bahaya Artificial Intelligence salah ketika data bias digunakan dalam algoritma mesin pembelajaran.”

Dengan menciptakan AI psikopat pertama di dunia, para peneliti ingin membuktikan bahwa metode dan bahan yang digunakan untuk mengajarkan mesin yang mempelajari suatu algoritma dapat sangat mempengaruhi perilakunya. Mereka juga berharap menggambarkan bahaya dari Artificial Intelligence yang salah ketika data bias digunakan dalam algoritma mesin pembelajaran”.