Minggu, 10 Juni 2018 14:21 WITA

Samsung Luncurkan Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite, Dibanderol Rp4-6 Juta 

Editor: Abu Asyraf
Samsung Luncurkan Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite, Dibanderol Rp4-6 Juta 
Galaxy A9 Star

RAKYATKU.COM - Dua produk terbaru Samsung resmi diluncurkan. Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite menjadi penerus seri Galaxy A9 yang dirilis 2015 lalu.

Galaxy A9 Star dibekali layar Super AMOLED berbentang 6,3 inci berbingkai tipis (bezel less) yang memiliki resolusi Full HD Plus. Dapur pacunya diperkuat dengan Snapdragon 660 yang dipadankan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Baterainya memiliki kapasitas 3.700 mAh. 

Galaxy A9 Star turut dibekali set-up kamera ganda di belakang. Kamera ganda berada di pinggir kiri dengan susunan vertikal. Masing-masing kamera memiliki konfigurasi 16 megapiksel (f/1.7) kamera utama dan 24 megapiksel kamera sekunder. Sensor kamera 24 megapiksel menggunakan pixel binning untuk mengombinasikan empat piksel menjadi satu. 

Kamera belakang diklaim bisa merekam video berkualitas 4K pada 30 fps. Sementara bagian depan mengandalkan kamera tunggal beresolusi 24 megapiksel dengan bukaan f/1.0 dan fitur AI beauty. Di sebelah modul dual kamera terpatri pemindai sidik jari di tengah bodi belakang. 

Dikutip dari Sam Mobile, ponsel papan tengah ini juga menjadi ponsel non-flagship pertama Samsung yang sudah dilengkapi full Bixby experience, seperti Bixby Voice, Vision, Reminder, and Home. Seperti flagship Galaxy S9, tombol Bixby juga tersedia di Galaxy A9 Star. Ada dua varian yang bisa dipilih yakni warna hitam dan putih. 

Galaxy A9 Star Lite, kemungkinan menjadi rebranding model Galaxy A6 Plus untuk pasar China. Sebab, spesifikasinya sangat identik yakni diagonal layar 6 inci dengan rasio aspek 18,5:9. Hardware-nya mengandalkan chip Snapdragon 450, RAM 4 GB, storage 32 GB, dan slot microSD yang bisa diperluas hingga 400 GB. Dual-camera masing-masing berkonfigurasi 16 megapiksel dan 5 megapiksel. 

Posisi kamera ganda berbeda dengan Galaxy A9 Star, yakni berjajar vertikal dengan fingerprint sensor di tengah bodi belakang, mirip Galaxy S9 Plus. Kamera depannya memiliki resolusi 24 megapiksel yang dilengkapi LED flash. 

Baterai Galaxy A9 Star Lite berkapasitas 3,500 mAh. Dua model warna yang bisa dipilih adalah Night Sky Black (hitam) dan Dark Blue (biru). Kedua handset sama-sama berjalan dengan Android 8.0 Oreo dan dilengkapi fitur Dolby Atmos untuk audio. Galaxy A9 Star dibanderol 2.999 yuan atau sekitar Rp6,5 juta dan Galaxy A9 Star Lite dijual 1.999 yuan atau sekitar Rp4,3 juta di pasar China.