Minggu, 10 Juni 2018 08:16 WITA

Terbongkar! Facebook Jual Data Pengguna Dalam Transaksi Rahasia

Editor: Suriawati
Terbongkar! Facebook Jual Data Pengguna Dalam Transaksi Rahasia
CEO Facebook

RAKYATKU.COM - Facebook dikabarkan diam-diam telah menyalahgunakan data pengguna, dengan menjualnya ke pihak ke tiga.

Kabar mengejutkan ini datang dari Wall Street Journal (WJS), yang melaporkan bahwa perusahaan telah mengizinkan perusahaan pihak ketiga tertentu untuk melihat data-data pengguna Facebook.

Akses tersebut dikenal sebagai "daftar putih", dengan memungkinkan perusahaan lain untuk melihat daftar teman pengguna, termasuk nomor telepon orang tersebut serta metrik yang mengukur "kedekatan" pengguna ke kontak online mereka.

WJS melaporkan bahwa beberapa pihak ketiga yang melakukan kesepakatan dengan Facebook adalah RBC Capital Markets dan Nissan Motors.

Sebagai pembelaan, Facebook mengklaim bahwa mereka hanya memberikan akses tambahan ke perusahaan pihak ketiga untuk meningkatkan pengalaman pengguna, menguji fitur baru dan menyelesaikan tes fitur yang sedang berlangsung.

David Vladeck, direktur Biro Perlindungan Konsumen Komisi Perdagangan Federal (2009 - 2013) dan saat ini seorang profesor di Georgetown Law, mengatakan pada WSJ bahwa kesepakatan tersebut dapat melanggar kesepakatan 2012 antara Facebook dengan FTC yang mengharuskan Facebook mendapatkan izin untuk membagikan informasi di luar yang ditetapkan pengguna sebagai "publik" di media sosial.