Minggu, 10 Juni 2018 02:00 WITA

Begini Cara Mengatasi HP Android Lemot

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Mengatasi HP Android Lemot

RAKYATK.COM - Tidak bisa bisa dipungkiri, Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di seluruh dunia mengalahkan iOS. Sama seperti teknologi lainnya, smartphone Android lama-kelamaan akan mengalami penurunan performa.

HP Android pastinya akan dipenuhi dengan berbagai aplikasi yang membuat performanya bakal semakin melamban dari waktu ke waktu. Apalagi jika kamu jarang melakukan maintenance alias perawatan.

Dilansir laman Jalantikus, berikut adalah 5 cara mengatasi HP lemot hanya dalam 5 menit saja! Tentunya dengan cara mudah dan dapat langsung kamu lakukan.

1. Membersihkan Cache

Sebenarnya apa itu cache? Secara sederhana cache merupakan data yang disimpan sementara pada sistem penyimpanan internal smartphone. Cache akan mencatat segala aktivitas yang digunakan pada sebuah aplikasi Android.

Nah nyatanya data-data yang berukuran kecil namun berjumlah banyak ini sudah cukup untuk membuat HP menjadi lemot loh. Maka dari itu kamu harus membersihkan cache yang tersimpan dalam smartphone Android dengan cara sebagai berikut.

2. Menonaktifkan Animasi

Untuk beberapa perangkat Android lawas, animasi yang ditampilkan pada layar membuat performa smartphone melambat karena mengharuskan melakukan banyak proses.

Dibanding kamu harus memaksakan menampilkan animasi, lebih baik kamu menonaktifkannya untuk mengatasi HP lemot semakin menjadi-jadi. Berikut cara mudahnya.

- Pergi ke menu Settings dalam HP Android.
- Aktifkan Developer options dengan pergi ke menu System > About phone > tap Build Number sebanyak 7 kali
untuk mengaktifkan.
- Pergi kembali ke Developer options > Drawing > Windows animation scale.
- Pilih Animation off dan lakukan langkah yang sama pada Transition animation scale serta Animator duration
scale.

3. Uninstall Bloatware

Tak jarang smartphone Android yang bahkan baru kamu beli sekalipun sudah memiliki banyak bloatware alias pre-installed apps yang mungkin kurang berguna bagi kamu. Sebenarnya kamu bisa saja menghapus aplikasi bloatware seperti ini loh.

Dibanding membuat HP Android lemot, kamu bisa menonaktifkan hinggan uninstall bloatware di Android dengan cara sebagai berikut.

- Pergi ke menu Settings.
- Pilih Apps > cari aplikasi Android yang hendak dihapus.
- Selanjutnya tinggal tap Uninstall/Disabler untuk menghapus aplikasi Android.

4. Menghapus Widget

Smartphone Android pun menyediakan berbagai widget yang bakal mempermudah kamu dalam mengakses sebuah aplikasi. Widget dapat kamu letakkan pada homescreen dan dapat kamu akses dengan cepat.

Namun jika kamu menginginkan performa smartphone Android semakin cepat, kamu bisa menghapus dan menonaktifkan sebagian widget yang nggak diperlukan.

- Pilih widget yang hendak kamu hapus, kemudian tap dan tahan.
- Drag widget ke arah Remove untuk menghapusnya dari tampilan layar utama.

5. Mengoptimalkan Google Chrome

Sistem operasi Android yang kini dikembangkan oleh Google membuat para penggunanya tentu menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi browser bawaan yang memang disediakan.

Selain performa HP Android selama penggunaan, kamu juga wajib memperhatikan kemampuannya selama berselancar di dunia maya.

Nah berikut adalah cara mengatasi HP lemot saat sedang menggunakan Google Chrome di Android yang tentunya juga bakal menghemat kuota internet kamu.

- Pergi ke aplikasi Google Chrome.
- Tap ikon tiga titik dan pilih menu Settings.
- Pada tab Advanced pilih Data Saver.
- Aktifkan toogle Data Saver ke arah On untuk menghemat data.