Sabtu, 09 Juni 2018 10:54 WITA

AS Perkenalkan Superkomputer Tercepat di Dunia

Editor: Suriawati
AS Perkenalkan Superkomputer Tercepat di Dunia
Foto: Techspot

RAKYATKU.COM - Amerika Serikat akan segera mengklaim kepemilikan superkomputer tercepat di dunia. Gelar itu sebelumnya dipegang oleh China pada tahun 2013.

Pada hari Jumat, superkomputer tercepat di dunia memulai debutnya di Oak Ridge National Laboratory di Oak Ridge, Tennessee. Mesin monster bernama Summit itu memadati 27,648 Volta Tensor Core GPU and 9,216 CPU, di ruang kabinet 5.600 kaki persegi, yang mirip dengan dua lapangan tenis. Beratnya hampir sama dengan pesawat jet komersial dan terhubung dengan 185 mil kabel serat optik.

Untuk kecepatannya jangan ditanya, ini sangat cepat. Menurut Nvidia, mesin ini dapat melakukan 200 operasi Floating point Operations Per Second (FLOPS). Sebagai perbandingan, China Sunway TaihuLight (superkomputer tercepat di dunia milik China) hanya memiliki peringkat patokan 93 petaflop.

Mesin ini dibangun untuk Departemen Energi AS, dan akan membantu para ilmuwan yang melakukan penelitian di bidang penemuan bahan, fisika energi tinggi, perawatan kesehatan dan banyak lagi.

AS Perkenalkan Superkomputer Tercepat di DuniaCEO Nvidia, Jensen Huang menggambarkan Summit sebagai superkomputer AI terbesar di dunia. "Perangkat lunaknya akan menulis perangkat lunak, perangkat lunak luar biasa yang tidak dapat ditulis oleh manusia."

Summit akan memperoleh gelarnya secara resmi pada akhir bulan ini, setelah Top500 (organisasi yang menempati peringkat 400 superkomputer terkuat di dunia) memperbarui peringkatnya.