Sabtu, 09 Juni 2018 07:30 WITA

Sambut Lebaran, Berikut 9 Smartphone Terbaru

Editor: Adil Patawai Anar
Sambut Lebaran, Berikut 9 Smartphone Terbaru

RAKYATKU.COM - Jelang Lebaran, market ponsel tanah air masih diramaikan smartphone baru yang edar. Tak hanya dibanderol dengan harga yang terjangkau, kali ini pasar ponsel tanah air sudah kedatangan smartphone premium terbaru besutan LG Mobile Indonesia. Adalah LG G7+ ThinQ yang sudah memulai debutnya di pasaran melalui pemesanan secara pre-order. Smartphone yang dibekali fitur Artificial Intelegent (Kecerdasan Buatan) ini tampil apik dari sisi fotografi dan teknologi layar yang ditanamkan.

Menemani kehadiran LG G7+ ThinQ, pasar ponsel tanah air juga kedatangan 8 smartphone baru lainnya mulai dari Oppo F7 Youth yang merupakan smartphone versi hemat dari Oppo F7 yang sebelumnya telah beredar di pasaran. Selain itu, kuartet smartphone terbaru Samsung yakni Samsung Galaxy A6, Samsung Galaxy A6 Plus, Galaxy J6 dan Galaxy J4 hadir memberikan pilihan menarik di segmen pasar smartphone kelas menengah. Ponsel lain yang juga hadir menghiasi pasaran adalah Gionee F205, LG K9 BTS dan Asus Zenfone Max M1 yang merupakan smartphone dengan harga terjangkau yang bisa dibeli secara online maupun offline.

Fitur menarik apa saja yang dihadirkan serta bagaimana spesifikasi yang ditawarkan masing-masing vendor untuk menarik minat konsumen tanah air untuk membeli smartphone baru yang beredar?

1. LG G7+ThinQ
Rp 11.499.000

Dilansir tabloidpulsa, Smartphone premium terbaru LG ini memiliki fokus utama pada AI untuk memberikan pengalaman optimal pada berbagai fitur fundamental. Smartphone ini hadir dengan dapur pacu yang didukung oleh Qualcomm Snapdragon 845 dengan kombinasi RAM 6GB dan memory internal 128GB. Dari sisi desain yang ditawarkan, LG G7+ThinQ membawa estetika baru bagi smartphone yang membuatnya memiliki tampilan desain yang lebih dinamis dan mewah.

Bicara dari sisi kamera, LG G7+ThinQ memiliki sensor 16MP pada dua lensa di bagian belakangnya, satu untuk bidang tangkapan standar dan satu lensa untuk konfigurasi Super Wide Angle yang memberinya resolusi dan detail lebih tinggi. Sementara kamera di bagian depan memiliki sensor 8MP.

Di sektor kamera ini pula menjadi salah satu hal menonjol terkait fitur AI dalam LG G7+ThinQ. Bertajuk AI CAM, kehadirannya membuat kamera LG G7+ThinQ mampu mengenali berbagai objek dan situasi pada gambar yang tertangkap pada pratinjau. Menjadi pengembangan dari LG V30S ThinQ, fungsi AI ini mampu melakukan pengenalan pada 19 kondisi dan objek.

2. Oppo F7 Youth
Rp 3.799.000

Smartphone versi murah Oppo F7 ini membawa sebagian besar keunggulan yang ada di F7 mulai dari Super Full Screen, AI Beauty 2.0, dan berbagai teknologi AI lainnya. Meski hadir dengan embel-embel Youth tak membuat perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang jauh dibawah versi aslinya, OPPO F7 Youth dilengkapi prosesor Mediatek Helio P60 dengan kecepatan 2.0 Ghz. Selain itu, perangkat ini juga memiliki RAM sebesar 4GB dan memori internal 64GB. Yang membedakan perangkat ini dengan OPPO F7 adalah konfigurasi kamera depan, di mana  F7 Youth mengusung 8MP dengan kamera utama 13MP, juga tidak ada poni (notch) di layar yang memiliki aspec rasio 18:9 berdiagonal 6.0 inci. Selain itu, smartphone yang menjalankan OS Android v8.1 Oreo ini ditenagai oleh baterai berkapasitas daya 3,300mAh.

3. Samsung Galaxy J6
Rp 3.299.000

Ponsel kelas menengah terbaru Samsung ini hadir dengan membawa spesifikasi serta fitur yang menarik. Kita mulai dari sisi layar yang ditanamkan, Galaxy J6 dibekali dengan panel layar Super AMOLED berukuran 5,6 inci HD+, aspek rasio 18,5:9 yang membuatnya tampil menawan. Menemani layar yang tertanam, Galaxy J6 juga dibekali dengan dapur pacu yang bertenaga dengan chipset Exynos 7870 octa-core 1.6 GHz dengan kombinasi grafis Mali-T830 MP1. Semakin memaksimalkan kinerjanya, Galaxy J6 menanamkan RAM sebesar 3GB dan ROM 32GB (microSD hingga 256GB). Dari sisi fotografi, smartphone ini menyematkan kamera utama 13 megapiksel dengan aperture f/1.9 dan lampu flash LED. Sedangkan kamera depan yang tertanam adalah 8 megapiksel f/1.9 dan tambahan lampu flash LED untuk aksi selfie yang lebih memikat. Fitur lain yang juga hadir menghiasi perangkat ini antara lain, sensor sidik jari, sensor wajah, akses jaringan 4G LTE, baterai 3000 mAh dan OS Android 8.0 Oreo.

4. Samsung Galaxy J4
Rp 2.299.000

Bersamaan dengan Galaxy J6, Samsung Galaxy J4 juga mulai tersedia dipasaran dengan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana tidak, smartphone ini hadir dengan fitur yang cukup biasa mulai dari desain, layar hingga fitur pendukung yang ditanamkan. Kita mulai dari layar ponsel pintar ini hadir dengan layar Super AMOLED berdimensi 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Untuk kinerjanya, telah tertanam chipset Exynos 7570 yang memiliki dukungan prosesor quad-core 1.4GHz plus grafis Mali-T720MP2 plus kombinasi RAM 2GB dan memory internal 16GB. Pada sektor fotografi, telah tertanam kamera belakang 13 megapiksel dengan aperture f/1.9 plus dukungan lampu flash LED. Sementara untuk mendukung aksi selfinya, Galaxy J4 menyematakan kamera depan 5 megapiksel f/2.2 plus lampu flash LED. Menemani fitur yang telah tertanam, smartphone ini juga dibekalid engan baterai 3000 mAh, akses jaringan 4G LTE dan Android 8.0 Oreo.

5. Gionee F205
Rp1.699.000

Hadir dengan teknologi layar terkini, Gionee menggoda pecinta ponsel tanah air dengan kualitas layar yang mumpuni. Tak hanya itu, smartphone yang memiliki harga yang cukup terjangkau ini juga dibekali dengan spesifikasi yang menarik. Dari layar, ponsel pintar ini menyematkan panel layar berukuran 5.45 inci dengan resolusi HD+ yang diklaim mampu menghadirkan kualitas layar yang mumpuni untuk aksi gaming maupun multimedia. Beralih ke sektor kinerja, ponsel pintar ini hadir dengan prosesor quad-core 1.3GHz besutan Mediatek yang dikombinasikan dengan RAM 2GB dan memory internal sebesar 16GB. Masuk ke sektor kamera, perangkat ini menyematkan kamera utama 8 megapiksel dan kamera selfie 5 megapiksel. Uniknya, kamera depan yang tertanam sudah dibekali dengan mode beauty dengan 100 level face beauty dan 7 level efek bokeh.

6. Samsung Galaxy A6
Rp 3.799.000

7. Samsung Galaxy A6 Plus
Rp 4.899.000

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus yang merupakan smartphone kelas menengah atas terbaru Samsung untuk pasar ponsel tanah air. Hadir dengan harga resmi Rp 3.799.000 untuk Galaxy A6 dan Rp 4.899.000 untuk Galaxy A6 Plus, kedua smartphone ini membawa fitur menarik untuk konsumen tanah air, mulai dari tampilan desain yang menawan, layar tajam hingga fitur fotografi yang menggoda.

Sebagai informasi, Galaxy A6 datang dengan prosesor octa core 1,6GHz yang bersanding bersama RAM sebesar 3GB dan memori internal 32GB. Sementara untuk Galaxy A6+ kinerjanya siap ditopang oleh prosesor octa core 1.8GHz dengan RAM sebesar 4GB dan ruang internal seluas 32GB.

Keduanya juga sudah didampingi oleh slot kartu microSD yang terpisah dari dual nano SIM. Pengguna dapat menyisipkan kartu microSD berkapasitas hingga 256GB untuk Galaxy A6, sedangkan untuk Galaxy A6+ diklaim dapat Anda tambahkan kartu microSD dengan daya tampung sampai dengan 400GB.

8. LG K9 BTS Edition
Rp 1.399.000

Hadirnya LG K9 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam Aurora Black dan biru Morrocan Blue, smartphone ini memiliki bentang layar 5 inchi dalam resolusi High Definition menjadi daya tarik pertama smartphone ini. Tak hanya kekayaan warna pada layar, kepuasan visual hadir melalui penetapan dua kamera dengan sensor 8MP di bagian belakang dan 5MP untuk swafoto (selfie). Untuk urusan kinerja, LG K9 edisi spesial BTS ini ditunjang penuh prosesor pabrikan kenamaan Qualcomm Snapdragon 212 dengan RAM 2GB.Yang membuatnya pantas menyandang predikat edisi spesial BTS, ada pada kelengkapan berbagai pernik spesial grup K-Pop yang album terbarunya “Love Yourself: Tear” langsung bertengger di posisi pertama daftar Billboard 200. Termasuk di dalamnya yaitu ketersediaan pilihan mengunduh themes dan wallpapers special BTS. Tak cukup dengan itu, satu buah poster besar dan dua post card yang menampilkan para anggota BTS pun turut menjadi paket penjualan LG K9 edisi spesial BTS ini. Untuk memastikan kenyamanan dalam menggunakan LG K9, LG juga memberikan jaminan garansi sepanjang 2 tahun. Disamping pula, kelengkapan paket data kelengkapan pa-ket data dari Telkomsel hingga 65GB.

9. Asus Zenfone Max M1 3GB/32GB
Rp 1.899.000

Smartphone termurah Asus yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu ini hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil yakni 5,5 inci HD+ dan rasio 18:9. Tak hanya ukuran layarnya yang dipangkas, kapasitas baterai yang tertanam pun juga dikurangi menjadi 4000 mAh. Sementara untuk mendukung kinerjanya telah tertanam prosesor octa-core 1.4GHz besutan Qualcomm yang ditemani dengan RAM 4GB dan memory internal 32GB. Smartphone Asus ini juga hadir dengan OS Android 8.0 Oreo.

Tags