Minggu, 03 Juni 2018 23:22 WITA

Pasangan di China Bisa Ajukan Cerai Via WeChat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pasangan di China Bisa Ajukan Cerai Via WeChat
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Pasangan yang sudah menikah di China sekarang bisa mengajukan gugatan cerai pada Tencent WeChat, negara yang setara dengan Facebook Messenger. Layanan, yang diluncurkan bulan lalu, memulai uji coba di Provinsi Guangdong.

Pilihan untuk "membuat janji untuk pendaftaran perceraian" ditemukan di bawah "pernikahan" subtitle di halaman dokumen dalam aplikasi.

Calon pendaftar harus memasukkan lokasi dan perincian pribadi mereka, seperti nama dan alamat mereka yang berencana untuk bercerai.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (3/6/2018), Matthew Brennan, seorang ahli WeChat, mengatakan bahwa Tencent berencana untuk meluncurkan fitur di seluruh China. Dia menambahkan bahwa membuat janji melalui aplikasi adalah "sangat tipikal."

"Ini juga sangat khas bahwa pembayaran juga dapat ditangani langsung melalui WeChat, meskipun tanpa melalui proses, tidak jelas apakah ini adalah opsi sekarang," kata Brennan.

Pada 35%, kota Guangzhou di Guangzhou menduduki peringkat keempat pada tingkat perceraian China, menyusul Beijing (39%), Shanghai (38%) dan Shenzhen (36,25%), sesuai laporan negara .

Dalam komentarnya, John Sinclair, seorang profesor Universitas Melbourne yang telah meneliti media baru China, mengatakan kepada The Beijinger :

“Dengan cara yang sama seperti budaya populer telah meluas dengan pesat ketika teknologi komunikasi baru telah tersedia, pengajuan perceraian ini akan menunjukkan bahwa ada, atau bahkan telah, permintaan yang tidak terpenuhi untuk layanan semacam itu.

“Dan jika ada permintaan seperti itu, maka itu menunjukkan perubahan sosial sedang berlangsung, dalam bentuk lebih banyak tekanan pada pernikahan, dan kesadaran bahwa pilihan tersedia - di ponsel, bahkan - untuk orang-orang yang tidak bahagia.”

Tags

Berita Terkait