Senin, 04 Juni 2018 03:00 WITA

7 Aplikasi Penyebab Baterai Smartphone Boros dan Cara Mengatasinya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Aplikasi Penyebab Baterai Smartphone Boros dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tidak bisa dipungkiri setiap orang pasti ingin memiliki sebuah smartphone yang mampu bertahan hingga berjam-jam. Bahkan sebagian dari kita tidak memerdulikan spesifikasi, asalkan baterainya bisa awet.

Nah, kadang sering kali kita melewatkan informasi seputar baterai. Sebenarnya, kapasitas baterai saja pun tidak cukup untuk menjaga keaktifan kamu di luar sana. Beberapa aplikasi yang mungkin kamu install juga bisa menjadi salah satu penyebab smartphone kamu boros.

Yup, beberapa aplikasi bisa menjadi satu faktor utama kenapa smartphone kamu sangat boros soal urusan baterai. Dilansir laman JalanTikusm berikut ini beberapa aplikasi penyebab terjadinya smartphone boros dalam penggunaan baterai. 

1. Snapchat

Aplikasi Snapchat memang sedang booming saat ini. Baik pemuda tampan maupun cantik juga menggunakan Snapchat untuk berinteraksi agar semakin eksis di kalangan anak muda. Jelas, menggunakan aplikasi ini sangatlah menyenangkan. 

Tetapi, aplikasi ini merupakan faktor utama smartphone kamu tidak bisa bertahan lama. Beberapa faktor seperti penggunaan kamera yang aktif, penggunaan koneksi internet yang tidak putus-putus, fitur GPS yang selalu on, dan juga beragam efek yang tersedia secara berlimpah menjadi penyebab utama borosnya baterai.

Untuk mengatasinya, sederhana. Kamu hanya perlu untuk tidak sering-sering menggunakan aplikasi ini. Jika tidak, mungkin smartphone kamu harus di root terlebih dahulu, khusus untuk Android. Kenapa? Karena, kamu bisa menggunakan Greenify untuk dapat mematikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang, sehingga bisa menghemat baterai milik kamu.

2. Netflix

Aplikasi Netflix untuk menonton acara TV maupun film ini memang mengkonsumsi sebagian besar tenaga pada perangkat kamu. Memang, nonton film itu seru banget, apalagi ketika kamu berbagi sama  teman kamu saat menontonnya. Tetapi, perlu diingat, kamu juga harus bisa mengatur penggunaannya.

Jika tidak, ya resikonya adalah smartphone kamu paling tidak bisa bertahan hingga lebih dari enam jam. Sayang kan, mengganggu aktivitas kamu banget? Kalau pun kamu harus sekali untuk menonton film biar nggak ketinggalan update, kamu bisa menggunakan WiFi. Setidaknya, ini bisa menghemat penggunaan baterai kamu.

3. BBM

Sudah terbukti jika BBM memang membuat baterai smartphone kamu boros. Memang kenapa sih dengan
BBM? Begini, dilihat dari pemakaian RAM-nya, BBM jelas sudah menggunakan RAM yang sangat besar. 

Prosesnya dari aplikasi perpesanan ini pun terus berjalan mulai dari menerima invite, chat, broadcast message, update status pada timeline, itu menjadi beberapa faktor membuat borosnya baterai. Nah, solusi yang baik, sama seperti Snapchat, kamu bisa menggunakan Greenify sebagai jalan keluar terbaik.

4. Facebook

Selanjutnya, aplikasi penyebab borosnya baterai pada smartphone adalah Facebook. Aplikasi ini memakan baterai yang cukup besar, karena prosesnya yang cukup banyak. Seperti yang kita tahu, notifikasi pesan, friend request, notifikasi umum, dan lain sebagainya. Lalu, apa solousi terbaiknya?

Begini guys, karena Facebook masih ada fitur menonaktifkan pemberitahuan, kamu masih bisa menghemat  penggunaan baterai dengan menggunakan fitur ini. Selain itu, solusi terbaik adalah kamu bisa meng uninstall aplikasi Facebook, dan menggunakan Facebook pada browser pilihanmu sebagai alternatif terbaik.

5. Segala Aplikasi Berbentuk Maping

Salah satu aplikasi pemetaan yang membuat boros baterai smartphone adalah Google Maps. Kamu tahu, kenapa Google Maps didaulat sebagai aplikasi yang memakan baterai hingga menjadi boros? OK, JalanTikus akan menjelaskannya.

Pertama, karena Google Maps menggunakan fitur GPS, dimana fitur ini paling haus akan sumber daya. Kedua, Google Maps melakukan tracking ke setiap daerah yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan kamu. Maka dari itu, secara tidak langsung pengguna akan melakukan download pada setiap peta yang ingin dilihat.

Apakah hanya Google Maps saja aplikasi pemetaan yang bikin boros? Tentu saja tidak. Aplikasi pemetaan apapun seperti Waze juga merupakan aplikasi yang membuat smartphone kamu sangat boros. Cara terbaik adalah jangan sering menggunakan aplikasi pemetaan. Gunakan seperlunya saja, atau ketika kamu ingin menggunakannya, cari patokan lokasi yang kamu tahu, dan matikan aplikasi tersebut agar tidak terlalu lama menyerap penggunaan bateraimu.

6. Email

Aplikasi email seperti Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook, menjadi salah satu pemakan baterai terganas pada smartphone. Karena, jika fitur sinkronisasi diaktifkan, maka aplikasi tersebut akan secara berkala memeriksa email yang masuk. Tentu saja hal tersebut sangat amat memakan sumber daya baterai pada ponsel, sebab setiap saat aplikasi ini terus menerus mengecek email.

Apa solusinya? Faktor utama yang mempengaruhi adalah fitur auto-sinkronisasinya. Dengan mematikan fitur ini, kamu bisa memeriksa email secara manual. Sehingga, kamu tidak mendapatkan notifikasi secara real-time. Jelas, hal ini bisa membuat kamu jauh lebih hemat dalam menggunakan baterai pada smartphone.

7. Game Online

Kayaknya, sudah tidak perlu ditanya lagi kenapa ini menjadi salah satu faktor kenapa baterai smartphone habis. Ya, sudah jelas, karena pemakaian baterai pada game online, apalagi game yang memiliki grafik 3D, lebih besar memakan sumber daya baterai dibanding game yang tidak online. Masih tanya kenapa? Ya karena dengan menggunakan internet yang selalu aktif serta penggunaan grafik 3D yang memakan RAM berlebihan, sehingga baterai terkuras dengan cepat.

Solusinya, ya seperti dua aplikasi sebelumnya. Kamu tetap bisa menggunakan Greenify untuk solusi paling baik. Sebab, aplikasi ini berguna untuk mematikan atau biasa disebut menghibernasikan aplikasi lainnya yang berjalan pada background. Jika kamu nggak mau root smartphone kamu dengan beragam alasan, dan kamu tidak mau baterai smartphone boros, jangan main game online.