Minggu, 13 Mei 2018 01:00 WITA

Hati-hati, Ada Pesan Misterius di WhatsApp yang Bisa Bekukan Smartphone

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hati-hati, Ada Pesan Misterius di WhatsApp yang Bisa Bekukan Smartphone

RAKYATKU.COM - Pesan misterius terjadi pada WhatsApp yang menyebabkan aplikasi dan perangkat Android membeku, menurut laporan.

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (12/5/2018), jenis pesan yang dimaksud menampilkan simbol tersembunyi di antara jarak. Setelah menerima pesan, mengetuk bagian atas teks akan menyebabkan aplikasi untuk "memperluas" simbol, menyebabkan aplikasi membebani dan bahkan merusak keseluruhan sistem operasi ponsel.

Dua variasi pesan telah diidentifikasi. Satu fitur titik hitam dengan peringatan yang mengatakan WhatsApp akan menggantung jika pengguna menyentuh itu. Sementara itu, pesan lainnya mengatakan "Ini sangat menarik" dengan emoji dari wajah menangis yang menangis.

WhatsApp belum mengeluarkan pernyataan tentang virus tersebut, meskipun diharapkan layanan olahpesan yang dimiliki Facebook akan memperbaiki masalah ini dalam beberapa hari.

Menurut laporan, pesan tersebut mampu mematikan versi Android dan iOS WhatsApp. Namun, hanya ponsel Android yang diketahui telah menjadi korban bug sepenuhnya.

Didirikan pada tahun 2009, WhatsApp kini menawarkan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Layanan pesan, bagaimanapun, telah mengalami beberapa minggu terakhir yang dramatis.

Pada akhir bulan lalu, co-founder WhatsApp, Jan Koum mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan perusahaan, dengan laporan media yang mengindikasikan bahwa keputusan itu dipengaruhi oleh perselisihan dengan Facebook atas privasi data pengguna.

Sementara itu, rekan pendiri Brian Acton, yang meninggalkan perusahaan tahun lalu, berpartisipasi dalam gerakan #BoycottFacebook, juga atas masalah privasi.

Namun, WhatsApp terus berkembang, dengan CEO Facebook dan pendiri Mark Zuckerberg baru-baru ini mengumumkan pembaruan yang akan segera ditambahkan ke layanan perpesanan, yang diatur untuk memasukkan opsi obrolan video grup.